Lowongan Kerja CPNS Pemprov Sulteng (Sulawesi Tengah)

2nd September 2014 | 12:00 am | | 4765 Views | HWK

Lowongan Kerja CPNS Pemprov Sulteng (Sulawesi Tengah) – Provinsi Sulawesi Tengah terdiri atas 10 kabupaten dan 1 kota, 147 kecamatan, dan 1.664 desa/ kelurahan. Provinsi ini memiliki luas daratan 61.841,29 km2 (BPS 2010), dengan penduduk 2.633.420 jiwa (SP 2010), dengan tingkat kepadatan penduduk 43 jiwa/ km2.Selain penduduk asli, Sulawesi Tengah dihuni pula oleh transmigran seperti dari Bali, Jawa, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Suku pendatang yang juga banyak mendiami wilayah Sulawesi Tengah adalah Bugis, Makasar dan Toraja serta etnis lainnya di Indonesia sejak awal abad ke 19 dan sudah membaur.

Jumlah penduduk di daerah ini sekitar 2.128.000 jiwa yang mayoritas beragama Islam, lainnya Kristen, Hindu dan Budha. Tingkat toleransi beragama sangat tinggi dan semangat gotong-royong yang kuat merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Pertanian merupakan sumber utama mata pencaharian penduduk dengan padi sebagai tanaman utama. Kopi, kelapa, kakao dan cengkeh merupakan tanaman perdagangan unggulan daerah ini dan hasil hutan berupa rotan, beberapa macam kayu seperti agatis, ebony dan meranti yang merupakan andalan Sulawesi Tengah. Masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan diketuai oleh ketua adat disamping pimpinan pemerintahan seperti Kepala Desa. Ketua adat menetapkan hukum adat dan denda berupa kerbau bagi yang melanggar. Umumnya masyarakat yang jujur dan ramah sering mengadakan upacara untuk menyambut para tamu seperti persembahan ayam putih, beras, telur serta tuak yang difermentasikan dan disimpan dalam bambu.

Budaya
Sulawesi Tengah kaya akan budaya yang diwariskan secara turun-temurun. Tradisi yang menyangkut aspek kehidupan dipelihara dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Kepercayaan lama adalah warisan budaya yang tetap terpelihara dan dilakukan dalam beberapa bentuk dengan berbagai pengaruh modern serta pengaruh agama. Karena banyak kelompok etnis mendiami Sulawesi Tengah, maka terdapat pula banyak perbedaan di antara etnis tersebut yang merupakan kekhasan yang harmonis dalam masyarakat. Mereka yang tinggal di pantai bagian barat kabupaten Donggala telah bercampur dengan masyarakat Bugis dari Sulawesi Selatan dan masyarakat Gorontalo. Di bagian timur pulau Sulawesi, juga terdapat pengaruh kuat Gorontalo dan Manado, terlihat dari dialek daerah Luwuk dan sebaran suku Gorontalo di kecamatan Bualemo yang cukup dominan. Ada juga pengaruh dari Sumatera Barat seperti nampak dalam dekorasi upacara perkawinan. Kabupaten Donggala memiliki tradisi menenun kain warisan zaman Hindu. Pusat-pusat penenunan terdapat di Donggala Kodi, Watusampu, Palu, Tawaeli dan Banawa. Sistem tenun ikat ganda yang merupakan teknik spesial yang bermotif Bali, India dan Jepang masih dapat ditemukan. Sementara masyarakat pegunungan memiliki budaya tersendiri yang banyak dipengaruhi suku Toraja, Sulawesi Selatan. Meski demikian, tradisi, adat, model pakaian dan arsitektur rumah berbeda dengan Toraja, seperti contohnya ialah mereka menggunakan kulit beringin sebagai pakaian penghangat badan. Rumah tradisional Sulawesi Tengah terbuat dari tiang dan dinding kayu yang beratap ilalang dan hanya memiliki satu ruang besar. Lobo atau duhunga merupakan ruang bersama atau aula yang digunakan untuk festival atau upacara, sedangkan Tambi merupakan rumah tempat tinggal. Selain rumah, ada pula lumbung padi yang disebut Gampiri. Buya atau sarung seperti model Eropa hingga sepanjang pinggang dan keraba semacam blus yang dilengkapi dengan benang emas. Tali atau mahkota pada kepala diduga merupakan pengaruh kerajaan Eropa. Baju banjara yang disulam dengan benang emas merupakan baju laki-laki yang panjangnya hingga lutut. Daster atau sarung sutra yang membujur sepanjang dada hingga bahu, mahkota kepala yang berwarna-warni dan parang yang diselip di pinggang melengkapi pakaian adat.

Kesenian
Musik dan tarian di Sulawesi Tengah bervariasi antara daerah yang satu dengan lainnya. Musik tradisional memiliki instrumen seperti suling, gong dan gendang. Alat musik ini lebih berfungsi sebagai hiburan dan bukan sebagai bagian ritual keagamaan. Di wilayah beretnis Kaili sekitar pantai barat – waino – musik tradisional – ditampilkan ketika ada upacara kematian. Kesenian ini telah dikembangkan dalam bentuk yang lebih populer bagi para pemuda sebagai sarana mencari pasangan di suatu keramaian. Banyak tarian yang berasal dari kepercayaan keagamaan dan ditampilkan ketika festival. Tari masyarakat yang terkenal adalah Dero yang berasal dari masyarakat Pamona, kabupaten Poso dan kemudian diikuti masyarakat Kulawi, kabupaten Donggala. Tarian dero khusus ditampilkan ketika musim panen, upacara penyambutan tamu, syukuran dan hari-hari besar tertentu. Dero adalah salah satu tarian dimana laki-laki dan perempuan berpegangan tangan dan membentuk lingkaran. Tarian ini bukan warisan leluhur tetapi merupakan kebiasaan selama pendudukan jepang di Indonesia ketika Perang Dunia II.

lklim
Garis khatulistiwa yang melintasi semenanjung bagian utara di Sulawesi Tengah membuat iklim daerah ini tropis. Akan tetapi berbeda dengan Jawa dan Bali serta sebagian pulau Sumatera, musim hujan di Sulawesi Tengah antara bulan April dan September sedangkan musim kemarau antara Oktober hingga Maret. Rata-rata curah hujan berkisar antara 800 sampai 3.000 milimeter per tahun yang termasuk curah hujan terendah di Indonesia. Temperatur berkisar antara 25 sampai 31° Celsius untuk dataran dan pantai dengan tingkat kelembaban antara 71 sampai 76%. Di daerah pegunungan suhu dapat mencapai 16 sampai 22′ Celsius.

Flora dan Fauna
Sulawesi merupakan zona perbatasan unik di wilayah Asia Oceania, dimana flora dan faunanya berbeda jauh dengan flora dan fauna Asia yang terbentang di Asia dengan batas Kalimantan, juga berbeda dengan flora dan fauna Oceania yang berada di Australia hingga Papua dan Pulau Timor. Garis maya yang membatasi zona ini disebut Wallace Line, sementara kekhasan flora dan faunanya disebut Wallacea, karena teori ini dikemukakan oleh Wallace seorang peneliti Inggris yang turut menemukan teori evolusi bersama Darwin. Sulawesi memiliki flora dan fauna tersendiri. Binatang khas pulau ini adalah anoa yang mirip kerbau, babirusa yang berbulu sedikit dan memiliki taring pada mulutnya, tersier, monyet tonkena Sulawesi, kuskus marsupial Sulawesi yang berwarna-warni yang merupakan varitas binatang berkantung serta burung maleo yang bertelur pada pasir yang panas.
Hutan Sulawesi juga memiliki ciri tersendiri, didominasi oleh kayu agatis yang berbeda dengan Sunda Besar yang didominasi oleh pinang-pinangan (spesies rhododenron). Variasi flora dan fauna merupakan obyek penelitian dan pengkajian ilmiah. Untuk melindungi flora dan fauna, telah ditetapkan taman nasional dan suaka alam seperti Taman Nasional Lore Lindu, Cagar Alam Morowali, Cagar Alam Tanjung Api dan terakhir adalah Suaka Margasatwa di Bangkiriang.
Sumber : id.wikipedia.org dan sulteng.go.id

Lowongan Kerja Pemprov Sulawesi Tengah

 

NO. NAMA

JABATAN

KUALIFIKASI

PENDIDIKAN

GOL./RUANG JUMLAH

ALOKASI

RENCANA PENEMPATAN
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
1 DOKTER PERTAMA S.1 KEDOKTERAN III/b 5 3 RSUD UNDATA PALU
2 RSD MADANI PALU
2 ADMINISTRATOR KESEHATAN PERTAMA S.I KESEHATAN MASYARAKAT (ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN) III/a 2 1 RSUD UNDATA PALU
1 UPT PENANGGULANGAN KRISIS KESEHATAN DAN MATRA
3 EPIDEMIOLOG KESEHATAN PERTAMA S.I KESEHATAN MASYARAKAT (EPIDEMIOLOG) III/a 1 1 DINAS KESEHATAN
S.I KESEHATAN MASYARAKAT (PENDIDIKAN KESEHATAN DAN ILMU PERILAKU) III/a 2 1 UPT SURVEILANS, DATA DAN INFORMASI
1 UPT PROMOSI KESEHATAN
4 PENYULUH KESEHATAN MASYARAKAT PERTAMA S.I KESEHATAN MASYARAKAT (PROMOSI KESEHATAN) III/a 2 1 UPT PROMOSI KESEHATAN
1 RSUD UNDATA PALU
5 PSIKOLOG KLINIS PERTAMA S.I PSIKOLOGI III/a 2 1 RSUD UNDATA PALU
1 RSD MADANI PALU
6 PERAWAT PELAKSANA D.III KEPERAWATAN II/c 7 4 RSUD UNDATA PALU
3 RSD MADANI PALU
7 APOTEKER PERTAMA S.I FARMASI III/a 1 1 RSUD UNDATA PALU
ASISTEN APOTEKER PELAKSANA D.III FARMASI II/c 1 1 RSD MADANI PALU
8 NUTRISIONIS PERTAMA S.I KESEHATAN MASYARAKAT (ILMU GIZI) III/a 2 1 RSD MADANI PALU
1 RSUD UNDATA PALU
NUTRISIONIS PELAKSANA D.III ILMU GIZI II/c 1 1 RSD MADANI PALU
9 BIDAN PELAKSANA D.III KEBIDANAN II/c 5 2 RSD MADANI PALU
3 RSUD UNDATA PALU
10 SANITARIAN PELAKSANA D.III KESEHATAN LINGKUNGAN II/c 3 1 RSUD UNDATA PALU
1 DINAS KESEHATAN
1 RSD MADANI PALU
11 TEKNIK ELEKTROMEDIK PELAKSANA D.III TEKNIK ELEKTROMEDIK II/c 1 1 RSUD UNDATA PALU
12 RADIOGRAFER PELAKSANA D.III RADIOLOGI II/c 1 1 RSD MADANI PALU
13 PRANATA LABORATORIUM KESEHATAN PELAKSANA D.III ANALIS KESEHATAN II/c 1 1 UPT LABORATORIUM KESEHATAN
14 TERAPIS WICARA PELAKSANA D.III TERAPIS WICARA II/c 1 1 RSUD UNDATA PALU
15 PEREKAM MEDIS PELAKSANA D.III REKAM MEDIS II/c 1 1 RSD MADANI
16 TEKNISI TRANSFUSI DARAH PEMULA D.I TEKNOLOGI TRANSFUSI DARAH II/a 4 2 DINAS KESEHATAN
1 RSUD UNDATA PALU
1 RSD MADANI PALU
17 PEMBIMBING KESEHATAN KERJA PERTAMA S.2 ILMU KESEHATAN KERJA III/b 1 1 DINAS KESEHATAN
18 TEKNIK TATA BANGUNAN DAN PERUMAHAN PERTAMA S.1 TEKNIK SIPIL III/a 2 2 DINAS CIPTA KARYA, PERUMAHAN DAN TATA RUANG
19 PENERA PERTAMA S.1 FISIKA NON KEPENDIDIKAN III/a 1 1 UPT KEMETROLOGIAN
20 PENGUJI MUTU BARANG PERTAMA S.1 TEKNIK INDUSTRI III/a 1 1 DINAS KOPERASI, UMKM, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
S.1 KIMIA NON KEPENDIDIKAN III/a 1 1 UPT PENGUJIAN DAN SERTIFIKASI MUTU BARANG
21 PENGUJI KENDARAAN BERMOTOR PELAKSANA D.III PENGUJI KENDARAAN BERMOTOR II/c 1 1 DINAS PERHUBUNGAN
22 PENYELIDIK BUMI PERTAMA S.1 GEOLOGI III/a 1 1 DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
23 INSPEKTUR TAMBANG PERTAMA S.1 PERTAMBANGAN III/a 1 1 DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
24 ARSIPARIS PERTAMA S.1 ADMINISTRASI III/a 2 1 BIRO UMUM
1 BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH
25 ARSIPARIS PELAKSANA D.III KEARSIPAN II/c 1 1 KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DAERAH
26 PENGAWAS LINGKUNGAN HIDUP PERTAMA S.1 TEKNIK LINGKUNGAN III/a 2 2 BADAN LINGKUNGAN HIDUP
27 ANALIS KEBIJAKAN PERTAMA S.2 MANAJEMEN III/b 1 1 BIRO ORGANISASI
28 PENYULUH KEHUTANAN PELAKSANA D.III KEHUTANAN II/c 3 1 BAKORLUH
2 DINAS KEHUTANAN
28 PENYULUH PERIKANAN PERTAMA S.1 PERIKANAN III/a 2 1 BAKORLUH
1 DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN
29 PENERJEMAH PERTAMA S.2 BAHASA INGGRIS III/b 1 1 KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DAERAH
30 AUDITOR PERTAMA S.1 ILMU PEMERINTAHAN III/a 1 1 INSPEKTORAT DAERAH
31 MEDIK VETERINER PERTAMA S.1 DOKTER HEWAN III/b 1 1 UPT MEDIK VETERINER
32 ANALIS KONSERVASI DAN REHABILITASI WILAYAH PESISIR S.2 PENGELOLAAN WILAYAH PESISIR DAN LAUTAN III/b 1 1 DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN
S.1 BIOLOGI NON KEPENDIDIKAN III/a 1 1 DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN
33 ANALIS KONSERVASI KAWASAN S.1 ILMU KELAUTAN III/a 2 1 DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN
1 BADAN LINGKUNGAN HIDUP
34 ANALIS ORGANISASI MASYARAKAT S.1 MANAJEMEN III/a 1 1 BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK
S.1 ILMU PEMERINTAHAN III/a 2 1 BIRO ADM. OTONOMI DAERAH
1 BIRO ADM. PEMERINTAHAN UMUM
35 ANALIS PENGEMBANGAN PASAR S.1 ILMU ADMINISTRASI BISNIS III/a 1 1 BADAN PROMOSI DAN PENANAMAN MODAL
S.2 MANAJEMEN PEMASARAN III/b 1 1 DINAS KOPERASI, UMKM, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
36 ANALIS PRODUK HUKUM S.1 HUKUM III/a 5 2 BIRO HUKUM
1 SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN LINMAS
1 SEKRETARIAT DPRD (SEKWAN)
1 SEKRETARIAT DPP KORPRI
37 ANALIS INFRASTRUKTUR S.1 EKONOMI PEMBANGUNAN III/a 2 1 BIRO ADM. PEMBANGUNAN DAN SDA
1 BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH
38 ANALIS PELAPORAN DAN TRANSAKSI KEUANGAN S.1 AKUNTANSI III/a 9 2 BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH
1 DINAS PENDAPATAN
1 DINAS PERKEBUNAN
1 DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
1 BIRO HUMAS DAN PROTOKOL
1 DINAS SUMBER DAYA AIR DAERAH
1 SEKRETARIAT DPRD (SEKWAN)
1 KANTOR PERWAKILAN PEMDA DI JAKARTA
39 ANALIS DIKLAT S.1 MANAJEMEN III/a 1 1 BADAN DIKLAT
40 ANALIS PROGRAM PEMBANGUNAN PERTANIAN S.1 PERTANIAN III/a 2 2 DINAS PERTANIAN
S.1 TEKNIK MESIN III/a 2 1 DINAS PERTANIAN
1 DINAS PERKEBUNAN
41 ANALIS SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN S.2 MANAJEMEN III/b 1 1 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAERAH
42 ANALIS IRIGASI DAN AIR BAKU S.1 TEKNIK GEODESI III/a 1 1 DINAS SUMBER DAYA AIR DAERAH
43 ANALIS POTENSI HUTAN S.1 KEHUTANAN III/a 2 2 DINAS KEHUTANAN
44 ANALIS KETAHANAN PANGAN S.1 TEKNOLOGI PANGAN III/a 1 1 BADAN KETAHANAN PANGAN
D.III TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL LAUT II/c 2 1 BADAN KETAHANAN PANGAN
1 DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN
45 ANALIS KAWASAN INDUSTRI S.1 PLANOLOGI III/a 1 1 BIRO ADM. PEMERINTAHAN UMUM
46 ANALIS PEMBUKAAN LAHAN S.1 AGRONOMI III/a 2 2 DINAS PERKEBUNAN
47 ANALIS PENDAPATAN DAERAH S.1 EKONOMI PEMBANGUNAN III/a 1 1 DINAS PENDAPATAN
48 ANALIS KERJASAMA S.2 ADMINISTRASI PUBLIK III/b 1 1 BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH
S.2 ILMU KOMUNIKASI III/b 1 1 BIRO HUMAS DAN PROTOKOL
S.1 MANAJEMEN III/a 1 1 KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DAERAH
49 ANALIS PENGEMBANGAN IKM D.III PEMASARAN II/c 1 1 BIRO PEREKONOMIAN
50 PENYULUH KAWASAN TRANSMIGRASI S.1 SOSIOLOGI III/a 1 1 DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
51 PENYULUH PELESTARIAN NILAI BUDAYA DAN TRADISI S.1 SENI III/a 2 2 UPT TAMAN BUDAYA
S.1 ANTROPOLOGI III/a 1 1 UPT MUSEUM
52 PENYULUH PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK S.1 SOSIOLOGI III/a 1 1 BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KB
53 PENYULUH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA/KELURAHAN S.1 KOMUNIKASI III/a 2 2 BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAHAN DESA
54 PENYULUH KEPEMUDAAN S.1 SOSIOLOGI III/a 1 1 DINAS PEMUDA DAN OLAH RAGA
55 PENYULUH WISATA S.1 PARIWISATA III/a 1 1 DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF
D.III PARIWISATA II/c 1 1 DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF
55 PENYULUH OLAH RAGA S1. PENDIDIKAN JASMANI (PENJAS) III/a 2 2 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAERAH
56 PENGAWAS BIBIT TERNAK S.1 PETERNAKAN III/a 2 2 DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
57 PEMERIKSA PERTANAHAN D.IV PERTANAHAN III/a 1 1 BIRO ADM. PEMERINTAHAN UMUM
58 PEMERIKSA JALAN DAN JEMBATAN S.1 TEKNIK SIPIL III/a 2 2 DINAS BINA MARGA DAERAH
59 PEMERIKSA KESELAMATAN DARAT D.IV TRANSPORTASI DARAT III/a 1 1 DINAS PERHUBUNGAN
60 ARSITEK S.1 TEKNIK ARSITEKTUR III/a 3 2 DINAS CIPTA KARYA, PERUMAHAN DAN TATA RUANG
1 DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
61 PEMBINAAN MENTAL S.1 SYARIAH III/a 1 1 BIRO ADM. KESRA DAN KEMASYARAKATAN
S.1 DAKWAH III/a 1 1 BIRO ADM. KESRA DAN KEMASYARAKATAN
62 PENGELOLA DAN PEMELIHARA PIRANTI TEKNOLOGI INFORMASI (TI) S.1 KOMPUTER III/a 5 1 KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID)
1 BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH
1 DINAS PERHUBUNGAN
1 DINAS CIPTA KARYA, PERUMAHAN DAN TATA RUANG
1 BADAN KETAHANAN PANGAN
S.1 TEKNIK ELEKTRO III/a 2 1 DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH
1 DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
63 PENGELOLA SISTIM JARINGAN D.III TEKNIK INFORMATIKA II/c 1 1 DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH
D.III MANAJEMEN INFORMATIKA II/c 1 1 UPT TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PENDIDIKAN
64 PENGOLAH DATA PENELITIAN S.1 MATEMATIKA NON KEPENDIDIKAN III/a 1 1 BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH
65 PEMBIMBING MASYARAKAT BERKEBUTUHAN KHUSUS S.1 PENDIDIKAN LUAR BIASA III/a 2 2 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAERAH
66 VERIFIKATOR KEUANGAN S.1 MANAJEMEN KEUANGAN III/a 3 1 BAKORLUH
1 BADAN KETAHANAN PANGAN
1 BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH
D.III AKUNTANSI II/c 5 1 BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH
1 INSPEKTORAT DAERAH
1 DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DAERAH
1 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAERAH
1 DINAS KESEHATAN
 Jumlah   159

 
Untuk informasi dan persyaratan lainnya, silahkan kunjungi informasi dari sumber resminya disini